Senin, 08 Oktober 2012



Data Warehouses
            Menurut wikipedia bahwa data warehouse (gudang data) adalah suatu sistem komputer untuk mengarsipkan dan menganalisis data historis suatu organisasi seperti data penjualan, gaji, dan informasi lain dari operasi harian. Pada umumnya suatu organisasi menyalin informasi dari sistem operasionalnya (seperti penjualan dan SDM) ke gudang data menurut jadwal teratur, misalnya setiap malam atau setiap akhir minggu. Setelah itu, manajemen dapat melakukan kueri kompleks dan analisis (contohnya penambangan data, data mining) terhadap informasi tersebut tanpa membebani sistem yang operasional. Jadi, data warehouses atau gudang data merupakan sistem komputer untuk mengarsipkan dan menganalisis data historis suatu organisasi.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gudang_data

Enterprise Resource Planning
            Menurut wikipedia bahwa Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah suatu sistem mengintegrasikan internal dan eksternal manajemen informasi di seluruh organisasi, merangkul keuangan / akuntansi , manufaktur , penjualan dan layanan, manajemen hubungan pelanggan , dll sistem ERP mengotomatisasi kegiatan ini dengan terpadu software aplikasi. Tujuan dari ERP adalah untuk memfasilitasi aliran informasi antara semua fungsi bisnis di dalam batas-batas organisasi dan mengelola koneksi ke stakeholder luar. Sistem ERP dapat dijalankan pada berbagai perangkat keras komputer dan jaringan konfigurasi, biasanya menggunakan sebuah basis data sebagai tempat penyimpanan informasi.Jadi, enterprise resource planning atau perencanaan sumber daya perusahaan merupakan sistem yang mengintegrasikan secara internal dan eksternal manajemen informasi di seluruh organisasi. 
                                              

Enterprise Systems
            Menurut wikipedia bahwa Sistem perusahaan (ES) adalah skala besar perangkat lunak aplikasisistem perusahaan termasuk perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) sistem, sistem perencanaan perusahaan , dan manajemen hubungan pelanggan perangkat lunak. Meskipun data pergudangan atau intelijen bisnisNetWeaver dan Oracle Fusion , dan database. Dari perspektif hardware, sistem perusahaan adalah server, penyimpanan dan perangkat lunak terkait bahwa bisnis besar menggunakan sebagai dasar untuk infrastruktur TI mereka. Sistem ini dirancang untuk mengelola volume besar data penting. Sistem ini dirancang untuk memberikan tingkat kinerja yang tinggi transaksi dan keamanan data. Vendor dalam ruang ini termasuk IBM , Oracle, HP dan banyak lagi.                         
              Jadi, enterprise system atau sistem perusahaan merupakan paket perangkat lunak aplikasi yang mendukung proses bisnis, arus informasi, pelaporan, dan analisis data dalam organisasi. paket yang mendukung proses bisnis, arus informasi, pelaporan, dan analisis data dalam organisasi yang kompleks. Singkatnya, ES dikemas perusahaan perangkat lunak aplikasi (PEAS) sistem. Jenis sistem yang enterprise-wide software paket aplikasi sering dijual oleh vendor ES, karena mereka tidak langsung mendukung pelaksanaan proses bisnis, mereka sering dikecualikan dari istilah. Sistem perusahaan yang dibangun pada platform software, seperti SAP.
 
 

Expert Systems



Menurut wikipedia, expert system atau sistem pakar adalah sistem komputer yang mengemulasi kemampuan pengambilan keputusan dari ahli manusia. Sistem pakar dirancang untuk memecahkan masalah kompleks dengan penalaran tentang pengetahuan, seperti seorang ahli, dan bukan dengan mengikuti prosedur dari sebuah pengembang seperti halnya dalam pemrograman konvensional. Sistem pakar pertama diciptakan pada tahun 1970 dan kemudian tumbuh dan berkembang di tahun 1980-an. Sistem pakar adalah salah satu bentuk yang benar-benar sukses pertama AI perangkat lunak .
Sebuah sistem pakar memiliki struktur yang unik, berbeda dari tradisional program.  Hal ini dibagi menjadi dua bagian, satu tetap, independen dari sistem pakar: variabel mesin inferensi, dan satu: basis pengetahuan. Untuk menjalankan sistem pakar, alasan mesin tentang basis pengetahuan seperti manusia. Pada tahun 80-an bagian ketiga muncul dialog antarmuka untuk berkomunikasi dengan pengguna. Kemampuan untuk melakukan percakapan dengan pengguna kemudian disebut " percakapan ". Jadi, expert system atau sistem pakar merupakan sistem komputer yang mengemulasi kemampuan pengambilan keputusan.



Geographic Information System



Menurut wikipedia, Sistem informasi geografis (GIS) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, mengelola, dan menyajikan semua jenis data geografis. Singkatan GIS kadang-kadang digunakan untuk ilmu informasi geografis atau studi informasi geospasial untuk merujuk pada disiplin akademis atau karir bekerja dengan sistem informasi geografis. Dalam istilah sederhana, GIS adalah penggabungan kartografi , analisis statistik , dan basis data teknologi. GIS dapat dianggap sebagai sistem-hal digital menciptakan dan "memanipulasi" area spasial yang mungkin yurisdiksi, tujuan, atau aplikasi-oriented. Umumnya, GIS adalah custom-dirancang bagi suatu organisasi. Oleh karena itu, GIS dikembangkan untuk aplikasi, yurisdiksi, perusahaan, atau tujuan mungkin tidak tentu interoperabel atau yang kompatibel dengan GIS yang telah dikembangkan untuk beberapa aplikasi lain, yurisdiksi, perusahaan, atau tujuan. Apa yang melampaui GIS merupakan infrastruktur data spasial, sebuah konsep yang tidak memiliki batas membatasi seperti itu. Jadi, Geographic Information System atau sistem informasi geografis merupakan sistem untuk menangkap, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, mengelola, dan menyajikan semua jenis data geografis.



Global Information System


Menurut wikipedi, ada berbagai definisi dan pemahaman dari Sistem Informasi Global (GIS), seperti
  • Sebuah sistem informasi global adalah sebuah sistem informasi yang dikembangkan dan / atau digunakan dalam konteks global.
  • Sebuah sistem informasi global adalah setiap sistem informasi yang mencoba untuk memberikan totalitas data terukur di seluruh dunia dalam konteks didefinisikan.

            Umum untuk kelas ini
sistem informasi adalah bahwa konteksnya adalah pengaturan global, baik untuk penggunaan atau proses pembangunan. Ini berarti bahwa itu sangat berkaitan dengan sistem terdistribusi / komputasi terdistribusi dimana distribusi adalah global. Istilah ini juga mencakup aspek pengembangan perangkat lunak global dan ada outsourcing yang (ketika lokasi outsourcing global didistribusikan) dan offshoring aspek. Sebuah aspek tertentu dari sistem informasi global adalah kasus (domain) dari pengembangan perangkat lunak global. Sebuah aspek penelitian utama di bidang ini menyangkut koordinasi dan kolaborasi antara tim virtual. Aspek penting selanjutnya adalah internasionalisasi dan bahasa lokalisasi komponen sistem. Jadi, global information system atau sistem informasi global merupakan sistem informasi yang dikembangkan dan digunakan untuk memberikan totalitas data terukur di seluruh dunia.

Office Automation  
                                                                       
Menurut wikipedia, otomatisasi kantor mengacu pada beragam komputer mesin dan software yang digunakan untuk digital membuat, mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan informasi kantor estafet yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas dasar. Raw penyimpanan data, transfer elektronik, dan manajemen informasi bisnis elektronik meliputi kegiatan dasar dari sistem otomatisasi kantor. Otomatisasi kantor membantu dalam mengoptimalkan atau mengotomatisasi prosedur kantor yang sudah ada.
            Tulang punggung otomatisasi kantor adalah LAN , yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan data, voice mail dan bahkan di seluruh jaringan. Semua fungsi kantor, termasuk dikte, mengetik, pengarsipan, menyalin, faks, mikrofilm Telex, dan manajemen catatan, telepon dan switchboard telepon operasi, termasuk dalam kategori ini. Otomatisasi kantor adalah istilah yang populer pada 1970-an dan 1980-an sebagai komputer desktop meledak ke adegan. KEUNGGULAN adalah: - otomatisasi 1.office bisa mendapatkan fatser banyak tugas dicapai. 2.it menghilangkan kebutuhan untuk staf yang besar. 3.less diperlukan untuk data untuk menyimpan. Orang 4.multiple dapat diperbarui data Bersamaan dalam hal terjadi perubahan jadwal. Jadi, office automation atau otomatisasi kantor merupakan komputer mesin dan software untuk digital membuat, mengumpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan informasi kantor estafet yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas dasar.

                                                                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar