ITIL
Menurut wikipedia Information Technology
Infrastructure Library (ITIL) adalah seperangkat praktek
untuk manajemen layanan TI
(ITSM) yang berfokus pada menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan bisnis. In its current form (known as ITILv3 and ITIL 2011
edition), ITIL is published in a series of five core publications, each of
which covers an ITSM lifecycle stage. Dalam bentuk yang sekarang
(dikenal sebagai ITILv3 dan ITIL edisi 2011), ITIL diterbitkan dalam
serangkaian lima publikasi utama, yang masing-masing meliputi tahap siklus
hidup ITSM. ITILv3 underpins ISO/IEC 20000 (previously BS15000), the International
Service Management Standard for IT service management, although differences
between the two frameworks do exist.
ITILv3 mendasari ISO / IEC 20000
(sebelumnya BS15000), Manajemen Standar Pelayanan Internasional untuk manajemen
layanan TI, meskipun perbedaan antara dua kerangka kerja memang ada. Jadi,
ITIL merupakan seperangkat praktek untuk manajemen layanan TI (ITSM) berfokus
pada penyelarasan layanan TI dengan kebutuhan bisnis.
Change Management
Menurut wikipedia, change management atau manajemen perubahan adalah sebuah pendekatan untuk pergeseran / transisi individu , tim , dan organisasi dari kondisi saat ini ke keadaan masa depan yang
diinginkan. Ini adalah proses organisasi yang bertujuan membantu para pemangku
kepentingan perubahan untuk menerima dan merangkul perubahan dalam lingkungan
bisnis mereka. Dalam beberapa proyek manajemen konteks, manajemen perubahan
mengacu pada proses manajemen proyek dimana perubahan proyek secara resmi
diperkenalkan dan disetujui. Kotter mendefinisikan manajemen perubahan sebagai
pemanfaatan struktur dasar dan alat untuk mengontrol setiap upaya perubahan
organisasi. Mengubah tujuan manajemen adalah untuk memaksimalkan manfaat
organisasi dan meminimalkan dampak perubahan pada pekerja dan menghindari
gangguan. Jadi, change management atau
manajemen perubahan merupakan pendekatan untuk pergeseran/transisi individu,
tim, dan organisasi dari sekarang ke keadaan masa depan yang diinginkan.
Menurut
wikipedia, Control Objective for Information and related Technology,
disingkat COBIT, adalah suatu
panduan standar praktik manajemen
teknologi informasi.
Standar COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute yang merupakan bagian
dari ISACA. COBIT 4.1 merupakan versi terbaru. Jadi, COBIT
merupakan panduan standar praktik manajemen teknologi informasi.
Benchmark
Menurut wikipedia, Benchmark
adalah teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar. Suatu program
atau pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kerja dari
beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang
baru. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan produk-produk perangkat lunak
maupun perangkat keras
dengan percobaan yang sama. Jadi, Benchmark
merupakan teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar.
Menurut wikipedia, dalam pemrograman komputer, kerangka perangkat
lunak adalah abstraksi di mana perangkat lunak yang menyediakan fungsi generik dapat selektif
diubah oleh kode pengguna, sehingga memberikan software aplikasi spesifik.
Sebuah kerangka kerja
perangkat lunak adalah, universal platform perangkat lunak dapat digunakan
kembali digunakan untuk mengembangkan aplikasi, produk dan solusi. Kerangka kerja perangkat
lunak termasuk program dukungan, kompiler, kode perpustakaan, sebuah antarmuka
pemrograman aplikasi (API) dan set alat yang mempertemukan semua komponen yang
berbeda untuk memungkinkan pengembangan proyek atau solusi. Jadi, framework atau pemrograman komputer merupakan abstraksi di mana perangkat lunak menyediakan fungsi generik dapat diubah oleh kode pengguna, sehingga memberikan software aplikasi yang spesifik. Kerangka
berisi fitur kunci pembeda yang memisahkan mereka dari perpustakaan yang normal:
- Inversi kontrol - Dalam kerangka, seperti di perpustakaan atau
aplikasi user biasa, keseluruhan program yang aliran kontrol tidak didikte oleh pemanggil,
tetapi oleh kerangka kerja.
- Perilaku default - Sebuah
kerangka memiliki perilaku default. Ini perilaku default harus benar-benar ada beberapa
perilaku yang berguna dan bukan serangkaian no-ops
- Diperpanjang - Sebuah kerangka dapat diperpanjang oleh pengguna biasanya dengan utama
selektif atau khusus oleh kode pengguna menyediakan fungsionalitas
tertentu.
- Non-dimodifikasi kerangka Kode - Kode kerangka kerja, secara umum, tidak boleh dimodifikasi.
SLAs
Menurut Wikipedia, service-level agreement (perjanjian tingkat
layanan) merupakan bagian dari kontrak layanan di mana tingkat layanan secara
formal didefinisikan. Dalam prakteknya, SLA istilah kadang-kadang
digunakan untuk merujuk kepada waktu pengiriman dikontrak (layanan) atau
kinerja. Sebagai contoh, penyedia layanan internet umumnya akan
mencakup perjanjian tingkat layanan dalam hal kontrak mereka dengan pelanggan
untuk menentukan tingkat (s) dari jasa yang dijual dalam bahasa sederhana.
Dalam hal ini SLA
biasanya akan memiliki definisi teknis dalam hal waktu yang berarti antara kegagalan (MTBF), rata-rata waktu untuk memperbaiki
atau berarti waktu untuk pemulihan
(MTTR); berbagai data bunga; throughput, jitter , atau rincian terukur serupa. Jadi, service level agreement merupakan bagian
kontrak layanan dimana tingkat layanan formal didefinisikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar