Senin, 08 Oktober 2012

Tentang ITIL


ITIL  
Menurut wikipedia Information Technology Infrastructure Library (ITIL) adalah seperangkat praktek untuk manajemen layanan TI (ITSM) yang berfokus pada menyelaraskan layanan TI dengan kebutuhan bisnis. In its current form (known as ITILv3 and ITIL 2011 edition), ITIL is published in a series of five core publications, each of which covers an ITSM lifecycle stage. Dalam bentuk yang sekarang (dikenal sebagai ITILv3 dan ITIL edisi 2011), ITIL diterbitkan dalam serangkaian lima publikasi utama, yang masing-masing meliputi tahap siklus hidup ITSM. ITILv3 underpins ISO/IEC 20000 (previously BS15000), the International Service Management Standard for IT service management, although differences between the two frameworks do exist. ITILv3 mendasari ISO / IEC 20000 (sebelumnya BS15000), Manajemen Standar Pelayanan Internasional untuk manajemen layanan TI, meskipun perbedaan antara dua kerangka kerja memang ada. Jadi, ITIL merupakan seperangkat praktek untuk manajemen layanan TI (ITSM) berfokus pada penyelarasan layanan TI dengan kebutuhan bisnis.



Change Management

Menurut wikipedia, change management atau manajemen perubahan adalah sebuah pendekatan untuk pergeseran / transisi individu , tim , dan organisasi dari kondisi saat ini ke keadaan masa depan yang diinginkan. Ini adalah proses organisasi yang bertujuan membantu para pemangku kepentingan perubahan untuk menerima dan merangkul perubahan dalam lingkungan bisnis mereka. Dalam beberapa proyek manajemen konteks, manajemen perubahan mengacu pada proses manajemen proyek dimana perubahan proyek secara resmi diperkenalkan dan disetujui. Kotter mendefinisikan manajemen perubahan sebagai pemanfaatan struktur dasar dan alat untuk mengontrol setiap upaya perubahan organisasi. Mengubah tujuan manajemen adalah untuk memaksimalkan manfaat organisasi dan meminimalkan dampak perubahan pada pekerja dan menghindari gangguan. Jadi, change management atau manajemen perubahan merupakan pendekatan untuk pergeseran/transisi individu, tim, dan organisasi dari sekarang ke keadaan masa depan yang diinginkan.


COBIT
            Menurut wikipedia, Control Objective for Information and related Technology, disingkat COBIT, adalah suatu panduan standar praktik manajemen teknologi informasi. Standar COBIT dikeluarkan oleh IT Governance Institute yang merupakan bagian dari ISACA. COBIT 4.1 merupakan versi terbaru. Jadi, COBIT merupakan panduan standar praktik manajemen teknologi informasi.

Benchmark
Menurut wikipedia, Benchmark adalah teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar. Suatu program atau pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kerja dari beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang baru. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan produk-produk perangkat lunak maupun perangkat keras dengan percobaan yang sama. Jadi, Benchmark merupakan teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar.             

Framework

Menurut wikipedia, dalam pemrograman komputer, kerangka perangkat lunak adalah abstraksi di mana perangkat lunak yang menyediakan fungsi generik dapat selektif diubah oleh kode pengguna, sehingga memberikan software aplikasi spesifik. Sebuah kerangka kerja perangkat lunak adalah, universal platform perangkat lunak dapat digunakan kembali digunakan untuk mengembangkan aplikasi, produk dan solusi. Kerangka kerja perangkat lunak termasuk program dukungan, kompiler, kode perpustakaan, sebuah antarmuka pemrograman aplikasi (API) dan set alat yang mempertemukan semua komponen yang berbeda untuk memungkinkan pengembangan proyek atau solusi. Jadi, framework atau pemrograman komputer merupakan abstraksi di mana perangkat lunak  menyediakan fungsi generik dapat diubah oleh kode pengguna, sehingga memberikan software aplikasi yang spesifik. Kerangka berisi fitur kunci pembeda yang memisahkan mereka dari perpustakaan yang normal:
  1. Inversi kontrol - Dalam kerangka, seperti di perpustakaan atau aplikasi user biasa, keseluruhan program yang aliran kontrol tidak didikte oleh pemanggil, tetapi oleh kerangka kerja.
  2. Perilaku default - Sebuah kerangka memiliki perilaku default. Ini perilaku default harus benar-benar ada beberapa perilaku yang berguna dan bukan serangkaian no-ops
  3. Diperpanjang - Sebuah kerangka dapat diperpanjang oleh pengguna biasanya dengan utama selektif atau khusus oleh kode pengguna menyediakan fungsionalitas tertentu.
  4. Non-dimodifikasi kerangka Kode - Kode kerangka kerja, secara umum, tidak boleh dimodifikasi.
-->Pengguna dapat memperpanjang kerangka, tapi tidak mengubah kodenya.  
 
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Software_framework



SLAs


Menurut Wikipedia, service-level agreement (perjanjian tingkat layanan) merupakan bagian dari kontrak layanan di mana tingkat layanan secara formal didefinisikan. Dalam prakteknya, SLA istilah kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada waktu pengiriman dikontrak (layanan) atau kinerja. Sebagai contoh, penyedia layanan internet umumnya akan mencakup perjanjian tingkat layanan dalam hal kontrak mereka dengan pelanggan untuk menentukan tingkat (s) dari jasa yang dijual dalam bahasa sederhana. Dalam hal ini SLA biasanya akan memiliki definisi teknis dalam hal waktu yang berarti antara kegagalan (MTBF), rata-rata waktu untuk memperbaiki atau berarti waktu untuk pemulihan (MTTR); berbagai data bunga; throughput, jitter , atau rincian terukur serupa. Jadi, service level agreement merupakan bagian kontrak layanan dimana tingkat layanan formal didefinisikan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar